Lompat ke konten
Home > Blog > Tempat Wisata > Yogyakarta > Gunung Kidul > Menjelajahi Pesona Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Menjelajahi Pesona Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Menjelajahi Pesona Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Berkunjung ke pantai adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk sekedar bersantai dan melepas penat. Jika anda sedang berada di Yogyakarta atau akan berlibur kesana. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai-pantai terutama yang ada seperti pantai Ngrenehan Gunung Kidul.

Pantai-pantai di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menawarkan keindahan alam yang menarik. Tidak heran, Provinsi Yogyakarta selalu bisa menarik jutaan para wisatawan. Salah satu spot pantai yang bisa kamu kunjungi adalah pantai Ngrenehan yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pantai ini adalah salah satu dari beberapa pantai yang ada di Yogyakarta yang admin rekomendasikan.

Pantai Ngrenehan sendiri berlokasi di lokasi Pantai Ngrenehan berdekatan dengan pantai Ngobaran. Lebih tepatnya ada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jarak pantai Ngrenehan dari pusat kota lumayan jauh, yaitu sekitan 53 Km dari pusat kota Yogyakarta. Kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke kawasan pantai Ngrenehan.

Istimewanya, pantai ini punya panorama yang indah serta sehingga tak akan rugi jika kalian berkunjung kesini. Pantai menyajikan pasir putih pantai yang bersih. Serta pantai ini dikelilingi dan perbukitan hijau yang menambah keasrian serta membuat suasana pantai ngrenehan menjadi teduh.

Di pantai ini kalian juga akan menemukan banyak sampan atau perahu-perahu nelayan yang berjajar apik. Karena memang perahu-perahu ini digunakan para nelayan disekitar pantai Ngrenehan untuk mencari ikan. Perahu-perahu ini juga disewakan bagi para pelancong untuk berwisata air, dengan biaya yang terjangkau tentunya.

Asal muasal nama pantai Ngrenehan

Sejarah penamaan pantai Ngrenehan Gunung Kidul sendiri adalah dulunya berasal dari raja pertama kerajaan Demak. Yakni raden Patah yang mencari sang ayah yang kabur, Prabu Brawijaya V di pantai ini. Beliau menemui sang ayah yang kala itu menolak masuk Islam.

Lewat peristiwa tersebut kemudian muncul istilah “Pangrena ” yang berarti “ajakan“. Karena usah Raden Patah mengajak orang tuanya memeluk agama Islam. Masyarakat lokal kemudian mengubahnya menjadi ‘Ngrenehan’ yang berarti ayo ke sini”.

Baca juga Wisata Jogja, Lebih dari Sekadar Panorama dan Budaya.

Di pantai Ngrenehan sendiri juga sering mengadakan kegiatan adat lokal pada setiap 15 hari sebelum perayaan Nyepi, masyarakat sekitar pantai Ngrenehan mengadakan upacara adat, sehingga pesona budaya di pantai Ngrenehan.

Untuk harga tiket masuknya sendiri tergolong murah yaitu 5.000 rupiah per orang selain itu nanti kamu juga akan dikenakan biaya parkir dengan biaya cukup terjangkau. Di pantai Ngrenehan Gunung Kidul kamu bisa melihat aktifitas nelayan yang pergi berlayar, dan kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan ombak laut yang ada di pantai ini, karena pantai Ngrenehan sendiri diapit dua bukit karang besar di kanan-kirinya yang menahan gelombang besar ombak laut. Kamu juga bisa menikmati kuliner khas laut pantai Ngrenehan bersama keluarga.

Menjelajahi Pesona Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Photo by Thomas Vimare on Unsplash.

Berapa harga masuk ke pantai Ngrenehan Gunung Kidul?

5.000 rupiah per orang.

Berapa jarak dari pusat Kota Jogja ke pantai Ngrenehan?

53 KM, dengan estimasi lama perjalanan 1,5 jam. Tergantung kepadatan lalu lintas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.