Lompat ke konten
Home > Blog > Tempat Wisata > Catat! Ini 3 Festival di Ubud Bali yang Sayang Jika Dilewatkan

Catat! Ini 3 Festival di Ubud Bali yang Sayang Jika Dilewatkan

person riding on motorcycle

Ingin wisata di Ubud Bali tidak terasa biasa saja? Nah, agar kunjungan kali ini lebih menarik, cobalah datang ketika beberapa festival diselenggarakan. Memangnya, apa saja, sih, festival keren dan menarik yang dapat didatangi di Ubud Bali? Berikut uraian singkatnya.

Catat! Ini 3 Festival di Ubud Bali yang Sayang Jika Dilewatkan

Image source Unsplash

Ubud Writers & Readers Festival

Seperti namanya, festival ini diperuntukkan bagi penulis, seniman dan pembaca. Tidak sebatas penulis dan seniman lokal, penyelenggara juga mendatangkan penulis dan seniman dari berbagai negara sebagai pembicara. Asyiknya, sebelum festival ini diselenggarakan, penyelenggara selalu mengadakan seleksi penulis emerging Indonesia. Syaratnya, penulis harus mengirimkan puisi atau prosa (puisi, cerpen, novel atau novelet), naskah drama, atau karya nonfiksi. Karya-karya ini kemudian akan dikurasi oleh para ahli, misal Seno Gumira ajidarma. Program yang disajikan yaitu workshop, food & Ubud culture, live music & art, film, launching buku, dan lain sebagainya. Cocok sekali untuk Anda yang gemar mengulik dunia seni dan tulis-menulis.

Ubud Food Festival

Bagi pecinta dunia kuliner, festival ini menjadi event yang dinanti-nantikan. Pasalnya, akan ada seminar kuliner, stan-stan makanan, tur kuliner, demo masak, dan workshop. Bahkan disajikan pula hiburan berupa pemutaran film dan pertunjukan musik. Festival ini melibatkan koki, baik dari Indonesia maupun koki internasional. Koki lokal misalnya Sisca Soewitomo dan William Wongso. Koki internasional misalnya Jun Lee (Korea), Chele González (Filipina), Rishi naleendra (Sri Lanka), Joannès Rivière (Kamboja), Sam Aisbett (Singapura), dan lain sebagainya. Selain itu, acara ini juga melibatkan petani, pengusaha restoran, para innovator, dan wirausahawan sosial. Pastinya seru sekali bisa menikmati kuliner sekaligus mencuri ilmu dari para ahli.

Ubud Village Jazz Festival

Jika Anda penikmat musik Jazz, jangan lewatkan salah satu festival jazz terbaik se-Asia Tenggara ini. Berkunjunglah ke Ubud Bali ketika festival ini diselenggarakan. Bertajuk village, interior pada festival ini memuat kearifan lokal yang berlatar belakang kehidupan pedesaan. Ini menjadi pemikat tersendiri untuk para wisatawan. Tidak hanya musisi jazz lokal yang hadir di acara ini, melainkan juga musisi jazz internasional. Seperti pada tahun 2017 yang melibatkan Gerald Clayton Trio dan Youn Woo Park Trio pada tahun 2016. Ketiga festival di lokasi syuting film Eat, Pray, Love ini diselenggarakan setiap tahun. Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikan jadwal perjalanan jauh-jauh hari. Mari hadiri festival-festival wisata di Ubud Bali Bersama teman atau keluarga. Yuk bagikan informasi menarik ini. Let the journey begin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.