Wisata Jogja: Lebih dari Sekadar Panorama dan Budaya

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 27 November 2022

Saat pertama kali mendengar namanya, apa yang pertama kali terlintas di kepalamu tentang Yogyakarta? Tempat wisata di Jogja seperti Parangtritis atau Malioboro pasti akan langsung terbayang di kepala siapapun ketika nama daerah istimewa ini disebut. Namun, Yogyakarta tentu tak hanya sebatas paduan panorama dan budayanya yang memesona.

Banyak sekali hal-hal menarik lain yang tak akan bisa kamu lupakan ketika menginjakkan kaki di sini. Terkenal sebagai wilayah yang independen dan menjaga dengan baik adat istiadatnya, keraton kesultanan tetap menjadi pesona dan kebanggaan masyarakat Jogja. Di pusat kota yang menjadi rumah bagi ratusan ribu jiwa, paduan budaya dan kehidupan urban menjadi pemandangan yang mengasyikkan. Bersanding dengan gerai-gerai makanan cepat saji, ada puluhan penjaja sajian tradisional dan batik yang sesekali ditingkahi alunan musik Jawa tradisional.

Pesona yang Tidak Ada Habisnya

Jika pusat kota menawarkan suasana gemerlap, masih ada banyak tempat wisata di Jogja yang siap memukau siapapun yang datang. Prambanan yang hanya berjarak 40 menit dari kota menjadi salah satu tujuan yang tak boleh kamu lewatkan. Borobudur yang meskipun tidak berada di daerah regional Yogyakarta, juga jadi pesona tak terelakkan bagi siapa pun yang datang ke sana.

Satu jam berkendara dari ibu kota, ada Goa Jomblang di Kabupaten Gunung Kidul yang akan membawamu turun 60 meter dari puncak tebing menuju lubang tersembunyi. Dari sana, kamu akan dibawa memasuki sistem gua yang misterius sekaligus magis. Jika Parangtritis masih belum memenuhi hasratmu akan birunya laut dan butiran pasir putih, maka Gunung Kidul adalah opsi yang paling tepat untukmu. Di sepanjang garisnya, ada banyak sekali pantai yang saking indahnya layak disebut sebagai Hidden Paradise.

Pantai Ngrenehan yang merupakan teluk terapit dua tebing akan mengingatkanmu pada indahnya Maldives. Masih ada Pantai Drini, Pantai Nglambor, dan puluhan pantai lain yang berair jernih dan berpasir putih untuk melepaskan semua penatmu. Yogyakarta merupakan paket lengkap yang sulit kamu temukan di tempat lain. Kota ini adalah tempat para intelektual, seniman, masyarakat Jawa yang ramah dan segala kekayaan tak ternilai siap menyambutmu. Ketika kepala sudah sumpek, singkirkan semua keraguan, siapkan ranselmu dan temukan hal-hal paling menyenangkan. Temukan tempat wisata Jogja terbaik versimu, and enjoy the journey!

Bagikan artikel ini ke