Tempat Wisata Bogor: Habiskan Liburan Penuh Kesan

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 27 November 2022

Berjarak 4,5 jam dari Bandung, Anda akan menemukan sebuah kota nan asri berjuluk Kota Hujan. Dikenal dengan nama Buitenzorg (dalam bahasa Indonesia berarti Tanpa Kekhawatiran) selama era kolonial, ada banyak sekali tempat wisata di Bogor yang harus kamu masukkan dalam daftar itinerary liburanmu kali ini. Karena dianggap sebagai kota yang damai dan tanpa kekhawatiran, Belanda pun membangun istana pertama untuk gubernur jenderal mereka di Bogor pada tahun 1745. Dikembalikan lagi kepada pemerintah tahun 1932, istana ini masih berdiri kokoh dan elegan. Dikelilingi pohon-pohon tua yang tinggi, padang rumput hijau yang membentang dengan rusa-rusa yang bebas berkeliaran, istana ini menjadi salah satu pesona wisata Bogor yang wajib kamu saksikan sendiri.

Image source Unsplash

Dengan sumber pemasukan utama dari bidang pertanian, kehutanan dan industri, masyarakat Bogor hidup dalam keberagaman layaknya kota-kota besar lain di Indonesia. Dari sejarahnya, Kabupaten Bogor masih memiliki hubungan erat dengan Kerajaan Pakuan Pajajaran yang berdiri antara abad ke-13-15. Tak heran banyak benda bersejarah seperti prasasti dan naskah kuno yang bisa kamu temukan di sini.

Baca juga, tempat wisata di Puncak Bogor, adakah favoritmu?

Kebun Raya, Pesona Bogor yang Mendunia

Berbicara wisata Bogor, tentu tak adil jika tidak menyebut kebun botani-nya yang kesohor. Kebun Raya Bogor yang populer di dunia ini berdiri di atas lahan seluas 87 hektare. Ada 15.000 spesies pohon dan aneka tanaman serta ratusan jenis pohon palem. Di bawah bangunan-bangunan yang berdiri kokoh, telah disiapkan ribuan varietas anggrek indah untuk menyegarkan matamu.

Tidak harus menjadi seorang ilmuwan untuk bisa menikmati keindahan kekayaan alam kita ini. Suasananya yang asri dan desainnya yang indah menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai tempat jalan-jalan yang asyik untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Kamu bisa melihat pohon karet Hevea Brasiliensis yang diimpor dari Brazil, bunga terbesar di dunia rafflesia atau tanaman tanpa daun. Semua pesona wisata Bogor di atas bisa kamu nikmati hanya dalam waktu satu hari saja.

Berangkat di pagi hari dari Jakarta kemudian lanjutkan dengan perjalanan seharian di Bogor. Malam harinya, kamu bisa bermalam di puncak sembari menikmati suasana sejuknya kemudian berangkat ke Bandung keesokan harinya. Pemandangan tropis serba hijau yang akan kamu lalui benar-benar akan membuat perjalanan tidak terasa melelahkan. Tunggu apalagi, grab your backpack and let the journey begin!

Bagikan artikel ini ke