Short Escape ke Pantai Kesirat Gunung Kidul

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 03 Desember 2022

Salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan nih, pantai yang berada di wilayah Pesisir selatan Kota Yogyakarta. Pantai Kesirat Gunung Kidul namanya, pantai yang memiliki lokasi tepatnya di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat yang menjadi destinasi untuk berwisata. Apalagi untuk wisata keluarga, sangat direkomendasikan sekali.

Akses untuk menuju kepantai Kesirat masih terbilang cukup sulit, untuk menuju ke sana anda masih akan melewati jalur pegunungan yang curam dan berliku-liku, sehingga diperlukan kewaspadaan dalam berkendara dan ekstra hati-hati dalam berkendara. Dari pusat kota setidaknya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menitan untuk sampai ke pantai Kesirat. Bagi para pelancong, perlu diketahui untuk menuju kawasan pantai, terdapat dua rute utama untuk menuju ke kawasan pantai Kesirat Gunung Kidul yaitu lewat jalur Piyungan dan jalur Imogiri.

  • Pertama, jika melewati jalur Piyungan, anda akan menuju ke daerah simpang tiga landasan udara TNI AU
  • Kemudian, melalui beberapa desa antara lain ke arah Playen, pasar Paliyan, Dusun Saptosari, hingga anda menemukan Desa Girikarto

Tarif wisata Pantai Kesirat

Untuk harga tiket masuk di pantai Kesirat sendiri adalah gratis, para wisatawan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan dengan kisaran tertentu untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Di pantai ini terdapat banyak spot menarik yang membuat wisatawan akan merasa dimanjakan matanya dan membuat cukup betah berlama-lama disini. Mereka akan disuguhi pemandangan hamparan laut yang amat biru, dengan ombak kecil yang menambah ketenangan pantai.

Di pantai Kesirat, juga terdapat bukit hijau yang dapat didaki untuk melihat pemandangan laut dengan view yang lebih tinggi. Selain itu dipantai juga terdapat beberapa warung makanan khas yang ditemukan di sekitar pantai yang menyediakan berbagai makanan bagi wisatawan yang mungkin tidak membawa bekal atau mungkin merasa haus dan lapar setelah seharian menikmati keindahan pantai.

Makanan khas seperti ikan bakar banyak dijual di sekitar pantai Kesirat Gunung Kidul. Disini juga terdapat spot untuk mendirikan tenda, bagi yang ingin menginap untuk melihat sunrise di pagi hari. Pasti seru banget, segera ajak keluarga atau teman-temanmu.

Bagikan artikel ini ke