Perbedaan Pantai Jetis Cilacap dan Pantai Jetis Purworejo

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 01 Maret 2023

Dari sekian banyak destinasi wisata di Cilacap, ada salah satu tempat yang populer di kalangan wisatawan khususnya wisatawan lokal, yaitu Pantai Jetis. Ada dua Pantai Jetis, dan dua-duanya berada di Provinsi yang sama, yaitu di Jawa Tengah, yaitu Pantai Jetis Cilacap dan Pantai Jetis Purworejo.

Kedua pantai tersebut memiliki nama dan berada di provinsi yang sama,yaitu di Provinsi Jawa Tengah. Selain itu juga sama-sama memiliki pasir hitam dan ombak yang besar. Itu sebabnya di Pantai Jetis para wisatawan dianjurkan beraktivitas hanya di pinggiran pantai dan tidak dianjurkan untuk berenang.

Selain memiliki persamaan, kedua Pantai Jetis juga memiliki perbedaan. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut.

Perbedaan Lokasi

Walaupun sama-sama berada di provinsi yang sama yaitu di Jawa Tengah, namun keduanya berada di kabupaten yang berbeda. Yang pertama, Jetis di ujung timur Kabupaten Cilacap, Kecamatan Nasawangun. Dan yang kedua Jetis di Kabupaten Purworejo, tepatnya di desa Paturejo, Kecamatan Grabag.

Daya Tarik dan Ciri Khas Masing-masing Pantai

Pantai Jetis Cilacap memiliki daya tarik dan ciri khas yang terkenal, yaitu bangunan pemecah ombak dengan pemandangan hamparan bukit hijau di dekat pantai. Bagi Anda pecinta masakan seafood, Jetis CIlacap adalah surganya. Bahkan pengunjung bisa menangkap langsung tangkapan laut di TPI atau Tempat Pelelangan IKan. Di pintu masuk terdapat kebun buah-buahan dan sayuran. Apabila Anda datang disaat musim panen, bisa memetiknya langsung.

Sedangkan di Jetis Purworejo terkenal dengan spot foto taman bunganya yaitu wahana Taman Payung. Ratusan pohon pinus tumbuh di sekitaran kawasan taman, tumbuh menghijaukan dengan udara yang asri.

Spot lainnya yang tidak kalah menarik adalah Gardu Pandang dengan tinggi 3 meter berhiaskan ukiran bunga-bunga berbentuk hati. Biasanya dijadikan spot foto untuk para pasangan. Berdasarkan sejarahnya, Jetis Purworejo dulunya adalah bekas area tambang.

Selain pembangunan wahana, kedua Pantai Jetis sudah dilengkapi fasilitas yang memberikan rasa nyaman dan betah para wisatawan. Beberapa fasilitas penunjang pun sudah mulai dilengkapi, seperti lahan parkir yang luas, gazebo, warung-warung makanan dan minuman dsb.

Bagikan artikel ini ke