Hamparan Pasir Putih ala Pantai Sanglen Gunung Kidul

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 04 Desember 2022

Di Yogyakarta, tidak hanya terkenal dengan wisata kotanya saja, namun kota Yogyakarta juga menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang sangat banyak, dan juga apabila kita tahu hampir tidak semuanya terekspos oleh khalayak umum. Salah satunya adalah pantai Sanglen Gunung Kidul, yang berada di sudut pesisir selatan kota Yogyakarta. Pantai ini berjarak kurang lebih 70 Km dari pusat kota Jogjakarta.

Pesona yang memikat hati

Di pantai yang memiliki panjang pantai lebih dari 3 KM ini menghampar pasir yang berwarna putih, sehingga akan sangat memanjakan pandangan anda, selain itu terdapat beberapa bukit dengan hamparan rerumputan hijau. Di situ juga masih banyak pepohonan rindang yang akan membuat suasana pantai menjadi rindang dan teduh, selain itu pantai Sanglen Gunung Kidul tersebut masih lumayan asri dan sepi. Sehingga cocok untuk dijadikan tempat berkemah atau sekedar melepaskan kepenatan.

Panorama air laut yang biru dan jernih akan disuguhkan di pantai Sanglen ini. Sehingga akan membuat betah para pelancong. Meski jarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, namun akses untuk menuju ke pantai Sanglen ini terbilang tidak terlalu sulit, meski hanya berupa jalan semen yang juga harus melalui jalanan pegunungan yang berliku-liku dan juga curam. Namun akses jalannya tidak terlalu sulit. Sangat disarankan bila ingin ke pantai ini, lebih baik pada siang hari, karena pada malam hari jalurnya sangat minim penerangan.

Untuk menuju pantai Sanglen, kamu bisa melalui jalur pada Alun-alun Gunungkidul lalu terus melewati hingga melewati Pasar Hargosari setelah pertigaan kedua setelah pasar ambil kanan menuju Jalan Baron hingga melewati Pos Pembayaran Retribusi (TPR) setelah itu terdapat Pertigaan lalu ambil kiri , setelah itu Ikuti jalan menuju Pantai Watu Kodok. Di sana wisatawan akan menemukan petunjuk pertigaan kecil sebelum Pantai Watu Kodok belok kiri.

Pantai Sanglen berada di timur pantai Watu Kodok. Untuk tiket masuk ke kawasan pantai Sanglen Gunung Kidul, kalian akan dikenakan biaya sebesar 10.000 rupiah per orang, dan juga ada biaya parkir kendaraan 3.000 rupiah untuk roda dua dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Sangat terjangkau bukan? Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburanmu ya.

Bagikan artikel ini ke