Pantai Sadeng Gunung Kidul, Wisata ke Kampung Nelayan

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 04 Desember 2022

Gunung Kidul merupakan kabupaten yang berada di ujung selatan dari wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, karena itu bisa dikatakan Gunung Kidul merupakan daerah pegunungan dan juga pesisir pantai. Tidak heran, banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi, terutama wilayah pantainya salah satunya adalah Pantai Sadeng Gunung Kidul.

Pantai ini bisa dijadikan pilihan kunjungan wisata. Pantai ini merupakan salah satu dari sekian pantai yang terdapat di kabupaten Gunung Kidul. Pantai Sadeng berlokasi di desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Sadeng sendiri merupakan pantai yang menjadi tempat nelayan untuk melabuhkan perahu atau sampan pencari ikan mereka. Jarak pantai Sadeng dari pusat kota lumayan jauh, sekitar kurang lebih 88 KM atau membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke pantai Sadeng.

Menurut sejarah, dulu kala pantai Sadeng ini merupakan hulu dari Sungai Bengawan Solo Purba yang mengalir tenang dari hulunya di wilayah utara hingga bermuara di Pantai Sadeng ini. Namun, sebuah proses geologi terjadi empat tahun silam sehingga menyebabkan perubahan pada aliran sungai Bengawan Solo Purba. Penyebabnya adalah lempeng Australia menghujam ke bawah Pulau Jawa, sehingga menyebabkan dataran Pulau Jawa perlahan terangkat. Arus sungai yang tak mampu melawan dataran lempeng sehingga mengalir ke utara. Hingga akhirnya jalurnya menyisakan perbukitan kapur yang sangat menguntungkan.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan Pantai Sadeng Gunung Kidul sendiri dipatok dengan harga 5.000 rupiah per orang, selain itu di pantai Sadeng juga terdapat persewaan perahu untuk wisatawan, dengan harga kisaran 300.000 rupiah untuk perahu kecil, sampai dengan 3 jutaan untuk perahu sedang. Pantai Sadeng memiliki pandangan yang tak kalah dengan pantai Parangtritis atau pun pantai di Yogyakarta yang lainnya, dengan pemandangan khas pantai yang amat membuat menarik dan betah menghabiskan waktu di sini.

Pepohonan di pinggir pantai, lalu pasir putih yang lembut membuat kita sangat nyaman di pantai Sadeng. Ditemani dengan kegiatan nelayan serta adanya perahu perahu sampan yang akan membuat pemandangan pantai Sadeng makin eksotis.

Bagikan artikel ini ke