Daya Pikat Pantai Porok Gunung Kidul

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 04 Desember 2022

Kota Yogyakarta amat terkenal dengan pilihan destinasi wisatanya dan juga kaya akan aneka ragam kuliner yang membuat kota ini amat terkenal untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Begitu pula daerah Yogyakarta juga memiliki banyak sekali wisata pantai yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Porok Gunung Kidul. Yang membedakan pantai ini dari pantai lain adalah pantai ini tidak cukup terkenal bagi wisatawan.

Itu dikarenakan pantai Porok yang berada dibalik perbukitan, sehingga pantai ini jarang dikunjungi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwasanya pantai Porok ini tetap memiliki daya pikat tersendiri. Lokasi pantai Porok sendiri berada di sebelah Timur Pantai Sepanjang dan Pantai Lolang serta sebelah Barat Pantai Kukup. Sehingga, ada kemungkinan masih belum terlalu terjamah karena diapit dua pantai besar lainnya.

Lokasi dan akses ke Pantai Porok Gunung Kidul

Pantai Porok berlokasi tepat di dusun Kemadang, desa Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat kota Yogyakarta, memerlukan waktu dua jam untuk menuju ke pantai Porok. Untuk menuju ke kawasan wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena untuk transportasi pariwisata belum bisa muat untuk masuk ke jalur yang menuju ke pantai Porok.

Harga tiket masuk ke pantai Porok adalah 10.000 rupiah, harga ditetapkan dan disamakan sesuai harga retribusi pantai yang lainnya. Di pantai Porok, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan air laut yang masih asri. Meski pantai ini tidak terlalu panjang, namun wilayah bibir pantai yang masih sunyi dapat dijadikan tempat wisata yang tenang.

Wilayah pantai yang tidak terlalu luas, namun di pantai Porok, terdapat pasir putih yang bersih dan sisa-sisa pecahan cangkang kerang yang tersebar di bibir pantai. Di sekeliling pantai, pepohonan rindang membuat pantai Porok Gunung Kidul semakin sejuk. Pantai ini juga dikelilingi oleh bukit tebing yang hijau. Ombak di pantai yang kecil membuat wisatawan dapat mencicipi bermain air laut, tentunya dengan batas aman bermain, terlebih saat air laut sedang surut. Terdapat juga area terbuka yang bisa digunakan sebagai tempat berkemah bersama keluarga atau sahabat. Tertarik untuk berkunjung ke pantai ini? Jangan lupa siapkan bekal yang banyak ya.

Berapa harga tiket masuk ke Pantai Porok Gunung Kidul? 10.000 rupiah. Dimana lokasi Pantai Porok? Di dusun Kemadang, desa Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di sebelah Timur Pantai Sepanjang dan Pantai Lolang serta sebelah Barat Pantai Kukup. Bagaimana cara menuju Pantai Porok ini? Menggunakan kendaraan pribadi, karena untuk transportasi pariwisata belum bisa muat untuk masuk ke jalur yang menuju ke pantai Porok.

Bagikan artikel ini ke