Asri dan Tenang di Pantai Nguyahan Gunung Kidul

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 04 Desember 2022

Jika berwisata ke gunung Kidul, saya sarankan untuk berkunjung ke salah satu dari pantai-pantai ini, dijamin tidak akan mengecewakan. Salah satu destinasi andalan yang ditawarkan oleh kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta adalah pantai Nguyahan. Kawasan Pantai Nguyahan Gunung Kidul ini berlokasi tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bila dari kota jarak tempuh yang harus di tempuh kurang lebih 76 km. Atau kurang lebih membutuhkan waktu 1 setengah jam. Untuk menuju ke pantai banyak rute yang bisa dilalui, karena jalur pantai ini juga adalah jalur untuk menuju ke pantai yang lainnya juga, sedangkan pantai terdekat dengan pantai Nguyahan adalah pantai Ngobaran yang hanya berjarak 200 m saja dari pantai Nguyahan.

Pantai ini masih tergolong pantai yang masih jarang terjamah oleh wisatawan, sehingga kondisi pantai Nguyahan masih sangat asri dan bersih, sehingga akan sangat direkomendasikan bila ingin mencari pantai dengan kondisi yang masih sepi dan sunyi serta sejuk.

Asal mula nama pantai Nguyahan

Menurut dari sejarah penamaannya, pantai ini dinamai Nguyahan dari kata dasar uyah (bahasa Jawa) yang bermakna garam karena dulunya, saat zaman penjajahan Belanda, air lautnya sering digunakan untuk pembuatan garam, sehingga warga sekitar menjadikan hal tersebut sebagai patokan pemberian nama pantai Nguyahan.

Di pantai Nguyahan sendiri, masih terlihat sejuk karena masih banyak pohon cemara dan juga pohon rindang disekitarnya, sehingga membuat wisatawan dapat berteduh di bawahnya. Selain itu juga banyak spot foto yang amat bagus panoramanya yang bisa dijadikan para wisatawan untuk mengabadikan momen wisatanya.

Yang istimewa dari Pantai Nguyahan

Di sekitar bibir pantai nguyahan juga terdapat tebing dan karang yang juga bisa menjadi tempat mengabadikan momen foto, namun diharapkan untuk para wisatawan yang berkunjung di Pantai Nguyahan Gunung Kidul untuk selalu berhati-hati bila mengambil gambar disekitar tebing dan karang yang berada sekitar pantai, karena jalannya yang terjal serta licin yang sangat membahayakan.

Oleh karena itu, sangat tidak direkomendasikan untuk mengambil gambar dengan naik ke atas batu-batu karang. Di tempat ini juga bisa ditemukan spot untuk memancing ikan dan juga berkemah, sayangnya disini masih jarang penjual yang menjajakan makanan atau minuman. Mungkin karena masih pantai ini belum terlalu dikenal wisatawan. Untuk tiket masuk ke pantai Nguyahan sendiri adalah 5.000 rupiah per orang. Harga yang teramat murah untuk dapat menikmati sejuk dan tenangnya air pantai dan suasana sekitarnya.

Bagikan artikel ini ke