Oleh-oleh Khas Samarinda: Berikut Beberapa Pilihan Terbaiknya

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 28 November 2022

Jika kamu sedang mencari oleh-oleh khas Samarinda, kamu sudah berada ditempat yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi pilihan populer wisatawan. Sebagai salah satu ibu kota provinsi di Indonesia, Samarinda menawarkan cukup banyak kegiatan wisata menarik bagi pengunjungnya. Mulai dari wisata alamnya yang memukau, wisata seni dan budayanya yang magis, dan wisata religinya yang menenangkan. Namun, terlepas dari itu semua, wisata belanja di Samarinda adalah yang paling menggiurkan. Oleh karenanya, sangat disayangkan apabila kamu hanya pulang dengan tangan kosong seusai liburan di Samarinda. Jadi, segeralah berbelanja berbagai oleh oleh khas di Kota ini!

Gula Gait: Camilan Manis Populer Khas Samarinda

Pertama kali melihat camilan ini, kamu mungkin akan mengira bahwa gula gait bukanlah makanan. Mengapa? Karena bentuknya yang sangat mirip dengan potongan kayu dengan warnanya yang coklat keemasan. Akan tetapi, dibalik itu semua gula gait adalah camilan legit nan lezat yang terbuat dari perpaduan gula aren dan gula putih. Untuk kamu pecinta camilan manis, gula gait wajib kamu borong sebagai pengganti permen. Harganya relatif terjangkau, mulai dari 5.000 rupiah sampai 100.000 rupiah.

Sarung Samarinda: Oleh-Oleh Awet yang Bisa Dipakai Tahunan

Ingin liburanmu selalu menjadi kenangan? Carilah oleh-oleh yang bisa bertahan dalam hitungan tahun misalnya Tajong Samarinda, atau yang dikenal dengan sarung Samarinda. Umumnya, perajin sarung masih menggunakan alat tenun tradisional dan bahan benang khusus sehingga sarung yang dihasilkan pun sangat berkualitas dan nyaman. Kamu sudah bisa membawa pulang sarung ini hanya dengan harga ratusan ribu saja—tergantung ukuran dan bahan dasarnya. Namun, kalau kamu ingin yang lebih berkualitas, pilihlah sarung Samarinda yang dijual dengan harga jutaan.

Amplang Khas Samarinda: Kudapan Gurih dari Ikan

Oleh-oleh berikut ini sangat cocok untuk kamu yang tidak begitu menyukai kudapan manis. Orang-orang menamainya Amplang. Olahan dari daging ikan tenggiri, tepung kanji, dan campuran bumbu khusus membuat kudapan ini sangat digandrungi wisatawan.

Jika kamu ingin membawa Amplang khas Samarinda pulang ke rumah, kamu hanya perlu mempersiapkan uang antara Rp100-300 ribu saja. Murah bukan?

Kue Keminting: Panganan Imut Penggugah Selera

Apabila kamu ingin melihat biji kemiri dalam wujud sebuah kue, belilah Kue Keminting khas Samarinda ini. Selain bentuknya yang unik, rasa kue ini juga sangat juara. Kamu akan merasakan sensasi manis dan gurih sekaligus dari kue ini. Istilah keminting dalam bahasa setempat mempunyai arti sebagai biji kemiri. Jadi, wajar saja jika bentuk kuenya menyerupai biji kemiri. Bagaimana? Sudah cukup puas dengan pembahasan oleh oleh khas Samarinda ini? Jangan cuma di list, ya, tetapi dibeli juga! Let the journey begin!

Bagikan artikel ini ke