Yuk, Coba Berbagai Oleh-oleh Khas Pekanbaru yang Unik Ini

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 28 November 2022

Mau ke Pekanbaru dan cari oleh oleh khas Pekanbaru? Tidak usah khawatir. Kota ini menawarkan banyak potensi kuliner nan menggiurkan. Main ke Pekanbaru, jangan lupa wisata kuliner yang seru. Oleh oleh khas Pekanbaru penuh dengan cita rasa unik. Bahan-bahan dasarnya variatif, menunjukkan kreativitas masyarakat Pekanbaru dalam meracik makanan. Kamu tidak boleh lupa buat cicipi makanan-makanan ini. Kalau perlu, bawa pulang ke rumah dan bagikan kepada sanak saudara. Dijamin mereka bakal ketagihan sama rasanya!

Oleh-oleh khas Pekanbaru

Kue Bangkit

Ini nih, camilan yang bisa kamu bawa dari Pekanbaru dan cukup tahan lama. Kue bangkit terbuat dari sagu, langsung lumer saat menempel di lidah. Tidak terlalu manis, dan inilah alasan kenapa kue bangkit tidak bikin eneg. Merek kue bangkit yang paling terkenal adalah kue bangkit Kembang. Kue ini dijual mulai dari 15.000 rupiah. Cukup terjangkau, dan rasanya mudah disukai oleh lidah orang Indonesia. Kue bangkit juga bisa dijadikan sajian waktu Lebaran, lho. Karena kuenya kecil-kecil, sekali gigit sudah habis. Praktis dan pastinya laris manis dimakan sanak saudara.

Salai Ikan Patin

Ini bukan selai buat roti, lho. Salai ikan patin adalah ikan patin yang diasap dalam waktu lama. Tidak heran rasanya khas sekali dan bau amisnya pun hilang. Proses pembakaran berlangsung selama dua puluh empat jam alias seharian penuh. Seluruh bagian tubuh ikan harus dibakar secara merata buat memunculkan rasa enak dan konsisten. Kamu bisa mendapatkan salai ikan patin mulai dari 14.000 rupiah saja.

Lempok Durian

Sepertinya kamu belum benar-benar ke Pekanbaru deh kalau belum membeli lempok durian. Makanan ini adalah oleh oleh khas Pekanbaru yang paling tersohor. Mudah pula buat dibawa pulang baik dengan perjalanan darat, laut, maupun udara. Proses pembuatannya sama dengan dodol, menggunakan bahan dasar campuran tepung beras, gula merah, dan sebagainya. Namun, lempok durian ini juga mengandung durian dalam jumlah banyak, dan ini yang membedakannya dari jenis dodol lainnya, terlebih dodol Garut. Pencinta durian akan sangat suka sama makanan ini.

Keripik Nanas

Salah satu cara untuk membuat buah jadi camilan tahan lama dan mudah dikonsumsi adalah dengan membuatnya jadi keripik. Keripik pisang atau mangga mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan keripik nanas? Buah ini terkenal akan rasa manis campur kecutnya yang segar. Cobalah rasakan versi keripiknya di Pekanbaru. Kamu akan ketagihan. Apalagi, satu bungkusnya dijual mulai dari 15.000 rupiah. Terjangkau sekali! Enjoy the journey di Pekanbaru dengan merasakan camilan-camilan menyenangkan yang tidak akan kamu temukan di daerah lain. Oleh oleh khas Pekanbaru dijamin tidak mengecewakan!

Bagikan artikel ini ke