Ini Dia 4 Oleh-oleh Khas Cilacap Untuk Kamu Bawa Pulang

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 28 November 2022

Meski dianggap sepele, membeli oleh-oleh saat berlibur di Cilacap bisa saja merepotkan. Nah, berikut ini daftar pilihan oleh oleh khas Cilacap untuk membantumu. Jika sedang berada di Jawa Tengah, sempatkan diri untuk singgah ke Kota Cilacap, Kabupaten Cilacap. Selain wisatanya yang masih asri, kamu juga akan disuguhi pilihan produk oleh oleh khas Cilacap yang bergizi, enak, dan tentunya murah. Penasaran apa saja produk oleh-oleh dari Cilacap? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Ikan Asin: Lauk Pelengkap Makan Siang

Siapa yang tidak suka ikan asin? Hasil laut yang melimpah menjadikan Cilacap sebagai kota penghasil ikan asin terbaik dan terbesar di Jawa Tengah. Masyarakat setempat menyebut ikan asin dengan sebutan gesek, atau gesek khas Cilacap. Dibuat dari pilihan ikan segar dengan kualitas terbaik, ikan asin khas Cilacap ini bisa jadi menu pelengkap makan siangmu. Jika kamu tertarik membawa pulang oleh-oleh ini, kamu cukup menyambangi toko oleh-oleh. Di sana sudah banyak tersedia ikan asin dalam kemasan dengan harga bervariasi, tetapi ramah kantong pastinya.

Terasi: Campuran Sambal yang Nikmat

Tidak hanya Kepulauan Bangka Belitung saja yang terkenal akan terasinya. Cilacap juga punya produk andalan berupa terasi dalam kemasan. Terasi khas Cilacap ini akan membuat olahan sambal yang kamu buat menjadi semakin nikmat dan lezat. Coba deh kalau tidak percaya!

Crispy Yutuk: Camilan Sehat dari Hewan Laut

Pernah dengar yutuk? Yutuk (disebut juga kepiting pasir) adalah salah satu hasil laut yang memiliki bentuk menyerupai kepiting atau udang dan rasanya sangat gurih. Di Cilacap sendiri yutuk banyak dikonsumsi sebagai menu harian. Untuk gizi jangan ditanya, walau kecil hewan ini mengandung banyak asam lemak omega-3, protein, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Hanya di Cilacap-lah kamu bisa memakan yutuk yang sudah diolah menjadi panganan crispy menyehatkan. Selain produk crispy yutuk, Cilacap juga punya produk rempeyek yutuk.

Templeng Khas Cilacap: Rempeyek dengan Varian Campuran

Bentuknya yang menyerupai rempeyek membuat orang menyebut templeng sebagai rempeyek khas Cilacap. Tidak salah memang, mengingat bahan dan cara pengolahannya pun sama dengan pembuatan rempeyek. Namun, yang membedakan templeng dari rempeyek di kota lain adalah variasi campurannya. Jika biasanya rempeyek hanya dicampur kacang tanah, templeng memiliki campuran seperti udang rebon, kacang kedelai, ikan teri, kacang tanah, hingga kacang hijau. Kamu tidak perlu khawatir keempat oleh oleh khas Cilacap di atas dapat bertahan lama. Sehingga, meski kampung halamanmu cukup jauh, oleh-oleh yang kamu beli tidak akan basi atau rusak. So, enjoy the journey!

Bagikan artikel ini ke