Kolam Segaran Mojokerto: Destinasi Wisata Sejarah Majapahit

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 25 November 2022

Kolam Segaran Mojokerto merupakan kolam purbakala peninggalan zaman Kerajaan Majapahit. Memiliki ukuran 325 x 175 meter, dengan kedalaman 2,88 meter. Pertama kali ditemukan pada tahun 1924 Saat ditemukan kondisinya tertimbun oleh tanah. Pada tahun 1966 dilakukan pemugaran pertama kali, lalu yang kedua pada tahun 1974.

Keunikan Kolam Segaran Mojokerto

Kolam Segaran memiliki saluran pembuangan di sisi utara. Sedangkan saluran masuk airnya terletak di bagian sisi selatan kolam. Air yang keluar mengalir ke empang panjang atau disebut dengan nama Balongdawa yang letaknya di bagian barat. Sedangkan empang bundar atau Balongbunder di bagian Selatan.

Diduga kolam yang memiliki nilai historis ini dulunya berfungsi sebagai penampung air dan waduk. Bangunan kolam Segaran merupakan salah satu bukti hasil teknologi dan cara/kemampuan Kerajaan Majapahit beradaptasi dengan lingkungan. Keunikan kolam ini adalah dibuat dari batu bata yang ditata tanpa menggunakan alat perekat.

Para ahli memperkirakan kolam ini disebut sebagai telaga yang terdapat di dalam kitab Negarakertagama.

Fasilitas di Area kolam

Terdapat fasilitas dan pelayanan di sekitar area kolam, seperti warung-warung makan dan kopi. Cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan kolam dan sawah-sawah yang ada di sebelah kolam.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kolam Segaran, lokasinya terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan-Mojokerto Jawa Timur. Harga tiket masuk 3.000 rupiah, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung apakah hari-hari biasa, hari libur atau weekend.

Bagikan artikel ini ke