Keunikan Daya Tarik Pantai Jogan, Gunung Kidul Yogyakarta

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 03 Maret 2023

Pantai Jogan merupakan pantai yang populer berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Memiliki daya tarik dan keunikan yang membedakannya dengan pantai lainnya yang ada di sana. Umumnya pantai-pantai di Gunung Kidul memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang jernih. Berbeda dengan Pantai Jogan, yang tidak memiliki pasir putih dan tidak ada batasan dengan laut.

Perbedaan lainnya, Pantai Jogan memiliki air terjun yang tidak ada di pantai-pantai lainnya. Lokasi pantai berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk sampai ke pantai dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan memakan waktu sekitar dua jam atau dengan jarak tempuh sekitar 74 km.

Kondisi jalan menuju pantai cukup mulus, berbelok belok membelah bukit karst. Sesampainya di kawasan wisata pantai, pengunjung meneruskan dengan berjalan kaki menuju pantai dengan air sungai yang mengalir kecil di sampingnya.

Harmoni Air Terjun dengan Laut Nan Biru

Seperti yang sudah disinggung di atas, Pantai Jogan memiliki air terjun yang menjadi daya tariknya. Air terjun berada di sisi tebing yang langsung mengalir jatuh ke lautan lepas. Sumber air terjun ini berasal air perbukitan di bagian utara pantai.

Penamaan “Jogan” diambil dari bahasa Jawa yang artinya aliran air turun ke dasar lautan. Tinggi air terjun kurang lebih 10 meter, diwarnai dataran hijau yang subur dan pohon palma. Perbukitan Karst menjadi latar air terjun dan bagian dasar air terjun dipenuhi dengan batu-batu karang sebuah pemandangan yang begitu epic dan mempesona.

Harga tiket masuk ke kawasan lokasi pantai sebesar 10.000 rupiah per orang. Harga tersebut sudah termasuk harga masuk ke kawasan destinasi pantai lain yang lokasinya berdekatan, yaitu: pantai Nglambor dan pantai Siung.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, harus mengeluarkan biaya tambahan tiket parkir sebesar 50.000 rupiah untuk bus, 5.000 rupiah untuk mobil dan 2.000 rupiah untuk motor (harga sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan).

Nikmati waktu liburan seru dengan budget terjangkau di Yogyakarta bersama keluarga atau teman dengan mengunjungi Pantai Jogan di Gunung Kidul Yogyakarta.

Bagikan artikel ini ke