Penangkaran Rusa Ranca Upas, Alternatif Wisata di Bandung

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 02 April 2023

Berwisata tidak selalu harus mahal dan menempuh jalur yang sulit. Ada banyak alternatif yang bisa dicoba, semua lokasi wisata selalu menyimpan hal unik tersendiri yang tidak terlupakan salah satunya wisata penangkaran rusa ranca upas. Berlokasi di Ranca Upas Ciwidey Bandung, dimana area ini adalah bumi perkemahan yang cukup populer. Dikelola oleh perhutani setempat, lokasi ini memiliki penangkaran rusa.

Untuk bisa berinteraksi dengan rusa yang lucu, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 50 km dari pusat kota Bandung. Melalui jalur darat, ini membutuhkan setidaknya 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Cukup membayar 20.000 rupiah saja, pengunjung sudah dapat masuk ke area Ranca Upas. Artinya, ini tidak terbatas pada wisata Penangkaran Rusa Ranca Upas saja tetapi juga spot lain yang masih berada di satu lokasi yang sama.

Dibuka dari pagi hingga sore hari, wisata ini selalu menarik ribuan wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburan atau melakukan prewedding. Tidak ada pagar pembatas antara rusa dan pengunjung jadi pengunjung dapat berinteraksi langsung seperti memberi makan atau berfoto dengan rusa-rusa ini.

Tentunya, pengunjung harus selalu mematuhi aturan dan himbauan dari petugas agar nyaman, aman, dan selamat selama berada di penangkaran. Jika anda sedang merencanakan liburan, maka jangan lupa masukkan Penangkaran Rusa Ranca Upas ke dalam daftar kunjungan anda.

Bagikan artikel ini ke