Berburu Kuliner di Pasar Gede Solo

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 28 November 2022

Buat kalian yang suka berburu kuliner pas jalan-jalan, jangan lewatkan pasar gede Solo. Pasalnya kalian bisa temukan berbagai macam kuliner di sini, mulai dari makanan tradisional khas Solo, makanan Vietnam hingga makanan western dengan citarasa enak dan harga yang murah.

Kuliner Pasar Gede Solo

Es Dawet Telasih Bu Dermi

Di pasar gede Solo kalian akan dengan mudah menemukan penjual es dawet telasih. Namun, yang paling legendaris di antara semuanya adalah es dawet telasih Bu Dermi. Setelah capek jalan-jalan di panasnya Kota Solo, menikmati es dawet yang menyegarkan cocok untuk melepaskan dahaga. Seperti es dawet pada umumnya, es dawet ini terbuat dari campuran santan, cendol dan gula. Namun, yang membuatnya istimewa sesuai namanya penambahan telasih serta jenang sumsum membuat rasanya begitu istimewa. Hanya dengan 8 ribu rupiah saja kalian bisa menikmati kesegaran es dawet Solo yang tiada duanya ini.

The French Press Kopi Warung

Walaupun berada di pasar tradisional kalian juga bisa menemukan masakan western, lho. Berlokasi di lantai 2 pasar gede Solo The French Press atau biasa disebut TFP mengusung tema warung makanan western. Berbagai makanan western mulai dari main course, pasta, salad, snack dan minuman dibanderol sangat murah, mulai harga 10 ribu hingga 35 ribu rupiah saja. Jika kalian ingin makan di TFP, kalian tidak bisa datang di sembarang waktu. Untuk lunch kalian bisa datang di pukul 10:00 sampai pukul 14:00 di hari Senin sampai Jum’at dan, khusus di hari Sabtu bisa hingga pukul 15:00. Sedangkan untuk dinner kalian bisa datang di pukul 16:00 sampai pukul 21.30. Contoh beberapa menu yang dijual di sini diantaranya fish and chips, mac and cheese, spaghetti meatball, chicken pesto, chicken caesar salad dan lain lain. Sebelum datang kalian bisa cek menu di instagram @tfpdinner dan @tfpkopiwarun karena main course berubah setiap harinya.

Vipho 9, Vietnamese Cuisine

Masih bertempat di lantai 2 pasar gede Solo terdapat restoran Vietnam bernama Vipho 9. Kalian yang tidak bisa makan pork tidak perlu khawatir karena menu restoran Vietnam ini 100% halal. Restoran ini beroperasi di pukul 09:00 sampai pukul 16:00 di hari Minggu hingga Jum’at, dan bisa sampai pukul 21:00 khusus di hari Sabtu. Vipho 9 menjual berbagai macam toast, salad dan menu andalannya adalah pho, yaitu sejenis sup Vietnam yang terbuat dari kuah kaldu, rice noodles, dan daging. Untuk dagingnya kamu bisa memilih chicken atau beef sesuai dengan selera kamu.

Timlo Sastro

Jika berkunjung ke Solo maka jangan sampai ketinggalan mencicipi salah satu kuliner Solo yang legendaris. Buka mulai tahun 1952 saat ini Timlo Sastro adalah salah satu timlo terenak dan terkenal di Solo. Timlo sendiri adalah makanan berkuah sejenis soto, yang terbuat dari kuah kaldu, ayam suwir, jamur kuping, wortel dan bihun. Adapun tambahannya bisa beraneka ragam seperti telur, sosis solo, ati ampela dan lain-lain. Untuk harga seporsi timlo disini sangat murah yaitu mulai 11 ribu rupiah dan berdasarkan tambahan sesuai selera. Sedangkan untuk seporsi timlo komplit bisa kamu nikmati dengan harga 23 ribu rupiah saja. Well, itulah beberapa daftar kuliner pasar gede Solo. Jangan lupa mampir, dan jangan lupa enjoy the journey!

Bagikan artikel ini ke