Belum Banyak Terjamah: Wisata Pantai Trenggole Tepus Gunung Kidul

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 02 April 2023

Gunung Kidul Yogyakarta, memang memiliki banyak pesona wisata alamnya yang beragam dan tidak membosankan untuk dikunjungi. Termasuk wisata pantainya yang amat memanjakan para wisatawan dan bisa menambah mood kamu. Kamu akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah, salah satu pemandangan pantai yang ditawarkan adalah pantai Tepus Gunung Kidul, yang juga merupakan salah satu aset alam yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Tepus berada di di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai yang bernama lain pantai Trenggole ini, memiliki pesona tersendiri, selain pantai ini masih belum banyak terjamah seperti pantai Parangtritis atau Watu Kodok, namun pantai Tepus ini menyimpan pesonanya sendiri.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pasir putihnya dan pemandangan beton-beton berbentuk kubus yang berfungsi untuk mencegah abrasi. Di pantai Tepus Gunung Kidul ini juga terdapat sumur penampungan yang dibuat untuk memurnikan air laut yang akan digunakan sebagai tambak ikan. Karena adanya keunikan tersebut, pantai Trenggole ini tidak heran selalu dikunjungi wisatawan.

Pantai Trenggole ini adalah pantai yang memiliki pasir putih dan juga letaknya bersampingan dengan Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal. Nama pantai Trenggole ini masih terdengar asing meski sudah beberapa tahun silam resmi dibuka menjadi obyek wisata. Ada kemungkinan, sebagian besar wisatawan salah mengira kawasan ini masih tertutup itu dikarenakan terdapat bangunan instalasi pengolahan air dan juga adanya pagar yang mengelilingi sekitar pantai.

Akses menuju pantai Tepus Gunung Kidul ini dapat dilalui oleh kendaraan beroda empat seperti mobil pribadi karena akses jalan setapak yang cukup lebar untuk kendaraan seukuran mobil. Akses menuju pantai Trenggole ini sejatinya dibangun untuk akses jalan menuju Pantai Goa Watulawang yang berada di sebelah timur pantai ini.

Area parkir Pantai Trenggole ini tergolong sempit karena hanya mampu menampung satu dua kendaraan roda empat dan beberapa kendaraan roda dua. Lahan disekitar Pantai Trenggole sebagian besar masih berupa ladang penduduk dan area milik instalasi pengolahan air laut. Jadi, disarankan bila membawa kendaraan besar dengan jumlah wisatawan yang banyak untuk memarkir kendaraan di pantai Syawal dan berjalan kaki melalui jalan setapak.

Bagikan artikel ini ke