5 Oleh-oleh Khas Tasikmalaya (Selain Makanan Ringan) yang Harus Kamu Tahu

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 27 November 2022

Oleh-oleh nggak melulu harus makanan ringan. Banyak barang-barang unik dan sarat budaya yang bisa jadi pilihan, layaknya oleh oleh khas Tasikmalaya berikut ini. Liburan tidak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh. Nah, jika kali ini tujuan liburanmu adalah Tasikmalaya, kamu sangat beruntung. Pasalnya, “Mutiara dari Priangan Timur” ini memiliki sejuta keindahan dari hasil kerajinan tangannya yang memesona dan bisa menjadi alternatif pilihan oleh-oleh khas Tasikmalaya selain makanan.

Oleh-oleh khas Tasikmalaya Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini!

Batik Tasikmalaya

Mau yang mana batik tulis atau batik cap? Semua ada di Tasikmalaya. Meski kamu juga dapat menemukan batik di beberapa daerah lain, batik Tasik (nama bekennya) memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Contohnya, motif yang digunakan cenderung menggambarkan kesan sederhana dan terbuka. Atau, pemilihan warna batik yang cerah memberi kesan imut dan cantik sebagaimana layaknya perempuan Sunda. Tertarik? Kamu bisa membeli corak populer untuk dibawa pulang seperti payung, burung, dan kacang panjang.

Kelom Geulis

Kelom adalah kata serapan dari Bahasa Belanda, klompen yang bermakna sandal kayu. Sedangkan, geulis adalah Bahasa Sunda yang berarti cantik. Jadi, Kelom Geulis bisa didefinisikan sebagai sandal kayu yang menarik dan cantik. Ukiran motif pada sandal kayu dan pemilihan warna yang menarik membuat kelom geulis menjadi cendera mata yang sangat indah. Tidak mengherankan kerajinan ini menjadi oleh oleh khas Tasikmalaya yang paling banyak diburu oleh perempuan.

Payung Geulis

Payung Geulis biasa dipakai oleh noni Belanda pada saat zaman penjajahan. Ingin merasakan jadi noni bangsawan? Belilah payung geulis saat liburan ke Tasikmalaya. Kamu pasti akan terpesona melihat indahnya perpaduan warna cerah dan ornamen lukisan pada permukaan kain payung geulis.

Bordir Tasikmalaya

Tidak ada yang bisa menandingi kualitas kerajinan bordir Tasikmalaya (lebih dikenal dengan bordir Tasik). Kerajinan tangan ini sudah tersohor di seantero negeri bahkan sampai ke mancanegara. Jadi, ingin berwisata sambil belanja hasil bordir? Datanglah ke Sentra Bordir Tasikmalaya di Kampung Saguling, Kecamatan kawalu. Kamu akan melihat banyak produk hasil bordir seperti kebaya, kerudung, mukena, dan baju muslim. Soal harga, produk bordir Tasik ini dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Anyaman Rajapolah

Liburan ke Tasikmalaya wajib ditutup dengan singgah ke Kecamatan Rajapolah. Mengapa? Karena kamu wajib membeli buah tangan berupa anyaman khas Tasikmalaya. Anyaman Rajapolah dibuat dari bahan alami seperti bambu, eceng gondok, dan mendong. Produk yang dihasilkan pun beragam seperti tikar, tempat tisu, hiasan dinding, tas, sapu, topi, dan sebagainya. Siap untuk menghabiskan waktu seharian hanya untuk membeli oleh-oleh khas Tasikmalaya? Let the journey begin!

Bagikan artikel ini ke