3 Tempat Kental Budaya Bali untuk Akhir Pekan yang Tenang

logo ramageek

Qisthi Ramadhani / 25 November 2022

Memiliki julukan Pulau Seribu Pura, rasanya kurang lengkap jika pergi ke Bali tanpa berkunjung ke salah satu puranya. Desain bangunan yang khas dengan adanya pagoda dan ukiran-ukiran, merupakan salah satu dari sekian keragaman Budaya Bali. Hal itulah yang menjadikan tempat wisata dengan budaya Bali ini berbeda dari yang lain. Kamu dapat menyisihkan waktu satu hari untuk mengagumi keindahan 3 Pura berikut. Dan dapatkan pengalaman spiritual tak terlupakan di Pulau Dewata.

Tempat kental Budaya Bali, Indonesia

Penasaran dengan ketiga pura tersebut? Yuk kita simak uraian tentang 3 pura menawan beserta keistimewaannya. Kenakan kebaya atau sarung kamu and, let the journey begin!

Pura Besakih

Adalah pura yang merupakan pura terbesar di Bali yang memiliki total 80 lebih pura penyusun. Pura yang dijuluki sebagai “Pura Ibu” ini merupakan rumah bagi Padma Tiga yang digunakan untuk menyembah 3 Dewa tetinggi Hindu. Yaitu Dewa Brahma, Dewa Siwa, dan Dewa Wisnu.

Pura dengan nama Pura Kiduling Kreteg di sisi kanan, yang memiliki bendera berwarna merah. Ini digunakan untuk mewakili Sang Pencipta, yaitu Dewa Brahma. Terletak di tengah dengan bendera berwarna putih, adalah Pura Penataran Agung yang diperuntukkan bagi Dewa Siwa, Sang Dewa Penghancur. Terakhir, pura dengan bendera berwarna hitam bernama Pura Batu Madeg digunakan untuk mewakili Dewa Pelindung yaitu Dewa Wisnu. Pura ini menerima kunjungan dari semua kasta Hindu dan juga masyarakat umum. Namun, beberapa area di dalam kompleks selalu tertutup dan hanya dibuka untuk keperluan beribadah umat Hindu.

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul adalah Pura yang memiliki sumber mata air keramat yang digunakan untuk keperluan bersuci di beberapa upacara adat Hindu. Pura yang pernah dikunjungi oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, berada di wilayah kompleks pura Gunung Kawi yang dikeliling hamparan sawah hijau nan asri. Pura yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin mencari ketenangan dan melarikan diri sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Pura Luhur Lempuyang

Pura Luhur Lempuyang merupakan Pura yang diperuntukkan kepada Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan tunggal dalam kepercayaan Hindu Bali. Untuk sampai ke tempat peribadatan merangkap tempat wisata di Bali ini, kamu harus menaklukkan 1700 tangga yang saling bersusun di rimbunnya hutan dan pepohonan.

Pendakian tangga yang dapat memakan waktu 1 hingga 1,5 jam ini akan mengantarkan kamu ke area pura yang begitu tenang dengan pemandangan Gunung Agung sebagai latar belakangnya. Nah, itulah ketiga pura yang kaya akan filosofi budaya Bali untuk kamu yang berusaha mencari ketenangan di Bali. Meskipun fungsi utamanya sebagai tempat beribadah, ketiga pura tersebut patut kamu masukkan ke daftar itinerary kamu berikutnya.

Bagikan artikel ini ke