Lompat ke konten
Home > Blog > Tempat Wisata > Yogyakarta > Gunung Kidul > Asiknya Berkemah di Pantai Rumput Gunung Kidul

Asiknya Berkemah di Pantai Rumput Gunung Kidul

ASIKNYA BERKEMAH DI PANTAI RUMPUT GUNUNG KIDUL

Salah satu pantai yang wajib jadi tujuan kamu berwisata saat berkunjung ke Gunung Kidul Yogyakarta adalah pantai Rumput ini, kawan. Pantai Rumput ini berada di salah satu wilayah pesisir pantai yang berada di lingkup Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Rumput Gunung Kidul terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari.

Kawasan wisata ini terkenal memiliki wilayah pantai yang luas, sehingga tempatnya sering dijadikan sebagai camping. Untuk tiket masuknya sendiri tergolong murah, cukup dengan Rp. 10.000 rupiah per orang. Pasirnya yang putih dan juga ombak laut yang tenang akan menambah daya tarik untuk betah berlama-lama di pantai Rumput ini.

Berkemah di Pantai Rumput? Siapa takut!

Setiap tempat wisata, pasti memiliki keunikan yang menarik hati para pengunjung. Seperti pada pantai Rumput ini, di sebelah timur kawasan pantai terdapat sebuah bukit bernama Bukit Kosakora yang biasa dipakai untuk melihat panorama pantai selatan Gunungkidul. Dari puncak bukit Kosakora ini, biasanya wisatawan akan melihat matahari terbit dan tenggelam di sore hari.

Pantai Rumput Gunung Kidul ini memang diapit oleh dua bukit, sehingga memberikan akses untuk melihat ke posisi yang lebih tinggi. Namun, nantinya jika wisatawan hendak naik ke atas bukit-bukit tersebut, maka wisatawan akan dikenakan tarif 2.000 rupiah sebagai biaya spot foto. Dan juga terdapat beberapa karang kecil yang sering di gunakan untuk bermain air di antara bebatuan yang ada di sana.

Asiknya Berkemah di Pantai Rumput Gunung Kidul

Lokasi pantai Rumput berada sejalur dengan Pantai Drini. Untuk bisa sampai ke pantai ini aksesnya sudah lebih mudah, akan tetapi kendaraan tidak bisa melaju sampai ke pantai, hanya bisa sampai pada area parkir kendaraan, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan memakan waktu kurang lebih 10-15 menit dan melewati persawahan dan perbukitan. Walaupun pantai Rumput adalah lokasi yang masih baru, namun, pantai ini sudah memiliki fasilitas cukup seperti toilet, tempat makan, Mushola, dan camping ground.

Di pantai rumput sering digunakan untuk kegiatan camping entah dari instansi maupun komunitas, sehingga di pantai ini juga menyediakan sewa tenda dengan harga bervariasi. Mulai dari harga 70.000 rupiah sampai dengan 80.000 rupiah. Jangan khawatir kelaparan di pantai ini karena banyak warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman khas pantai Rumput. Seperti es kelapa muda, kuliner seafood bakar, dan lainnya. Disini juga dijual berbagai souvenir khas Yogyakarta. Sangat menarik bukan? Ayo ajak keluarga atau teman kamu kesini ya.

Photo by Aliko Sunawang on Unsplash.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.