Lompat ke konten
Home > Blog > daftar > 5 Oleh-oleh Khas Purwokerto yang Wajib Masuk Dalam Daftar Belanjamu

5 Oleh-oleh Khas Purwokerto yang Wajib Masuk Dalam Daftar Belanjamu

Farmer

Dari tempe mendoan, getuk goreng, keripik tempe, hingga klanting, berikut ini lima oleh oleh khas Purwokerto yang wajib masuk ke dalam daftarmu. Jika sudah puas menyambangi Alun-Alun Purwokerto, Taman Andhang Pangrenan Purwokerto, Taman Balai Kemambang, Museum Bank Rakyat Indonesia, The Village Purwokerto, dan wisata Kabupaten Banyumas lainnya, saatnya kamu bergegas untuk mencari oleh-oleh. Bingung mau beli apa? Berikut ini lima daftarnya yang wajib masuk dalam daftar belanja mu.

5 Oleh-oleh Khas Purwokerto yang Wajib Masuk Dalam Daftar Belanjamu

Image source Unsplash

Tempe Mendoan

Siapa yang tidak suka tempe? Tidak mengherankan oleh-oleh populer dari Purwokerto yang pertama adalah Tempe Mendoan. Walaupun dibuat dari bahan yang sederhana yakni irisan tempe, adonan tepung, dan irisan daun bawang, sensasi renyah dan gurihnya tetap bikin nagih. Penganan ini sangat nikmat disantap dengan sambal kecap atau cabe rawit.

Baca juga, taman langit Purwokerto, daftar harga kuliner.

Getuk Goreng

Makanan khas yang wajib jadi buah tangan saat berkunjung ke kota Purwokerto adalah Getuk Goreng. Bila umumnya getuk dikukus, lain halnya dengan yang satu ini. Sesuai dengan namanya getuk ini diolah dengan cara digoreng. Menggunakan bahan dasar singkong dan gula merah, makanan ini selalu sukses menceriakan hari dengan rasanya yang legit, gurih, dan renyah. Hebatnya lagi! Mengiring kemajuan zaman getuk ini sudah berevolusi dengan banyak varian rasa seperti durian dan keju.

Keripik Tempe

Karena tempe mendoan tidak tahan lama, kamu bisa beralih ke olahan tempe yang sedikit berbeda yaitu keripik tempe. Kamu bisa menikmati keripik ini saat menonton film. Selain itu, keripik tempe ini juga sangat cocok dijadikan pelengkap makan siangmu.

Nopia

Meski agak berbeda huruf, mendengar nama cemilan ini pasti kamu ingat merek ponsel, ya kan? Akan tetapi ini sesuatu yang sangat berbeda, nopia adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu, minyak sayur, gula, dan mentega dengan berbagai varian rasa. Selain rasanya yang enak, banyak wisatawan tertarik untuk membeli karena bentuknya yang unik menyerupai telur.

Klanting

Oleh-oleh terakhir yang wajib dibeli adalah klanting. Rasanya yang dominan gurih sangat cocok sebagai teman minum di sore hari. Sekali makan, kamu pasti nggak mau berhenti. Kamu dapat membelinya di toko oleh-oleh yang ada di Purwokerto. Toko-toko di sana, baik besar atau kecil, pasti menjual makanan yang dibuat dari adonan tepung dan bumbu khusus ini. Soal harga, kamu tidak perlu cemas. Harganya mulai dari Rp 15.000,00 saja, sesuai dengan berat kemasan. Itulah tadi lima oleh oleh khas Purwokerto yang tidak boleh kamu lewatkan. So, enjoy the journey!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.